Mencari Padanan Kata

Ketika kita mempelajari sebuah bahasa, tak jarang kita akan mencari padanan kata dari bahasa yang telah kita kuasai sebelumnya pada bahasa yang baru.

Hal yang sama juga berlaku pada saat kita mempelajari bahasa pemrograman. Seringkali kita mencari padanan fungsi yang terdapat pada bahasa yang telah kita kuasai, pada bahasa yang sedang kita pelajari.

Sialnya, tidak semua fungsi-fungsi tadi tersedia di dalam bahasa pemrograman baru tersebut secara default.

Melalui Free Code Camp

Di postingan sebelumnya saya sempat membahas kalau belakangan ini saya sedang mencoba untuk mengenal JavaScript (JS) kembali, melalui Free Code Camp (FCC).

“Free Code Camp is an open source community that helps you learn to code, build pro bono projects for nonprofits, and get a job as a developer.”

— Quincy Larson

Ada lebih dari 1400 challenges yang menunggu untuk kita selesaikan di FCC. Kita ditantang untuk dapat menyelesaikan skrip dengan permasalahan, kriteria dan output  value yang telah ditentukan.

Sebuah Tantangan

Di postingan ini akan saya bahas mengenai salah satu challenge yang berjudul “Basic Algorithm Scripting: Title Case a Sentence”, di situ kita ditantang untuk membuat fungsi yang dapat mengubah format sebuah kalimat agar setiap huruf awal pada tiap kata yang ada menjadi huruf kapital, dan setelahnya diikuti oleh huruf kecil.

Sejenak saya berpikir bahwa di dalam PHP untuk memecahkan kasus demikian cukup menggunakan fungsi bawaan yang bernama strtolower() untuk membuat seluruh huruf menjadi huruf kecil, dan ucwords() untuk membuat huruf di awal kata menjadi huruf kapital.

Fungsi ini cukup sering saya pakai, terutama untuk merapikan data nama, alamat, dsb. Kita tahu bahwa user terkadang tidak menginputkan data dengan format yang standar. Maka dari itu, perlu kita ubah terlebih dahulu sebelum dimasukkan ke dalam database, atau ditampilkan pada lembar cetak laporan.

Sayangnya, setelah saya cari, tidak saya temukan fungsi serupa ucwords() di JavaScript.

Maka…

Maka dari itu, untuk mengatasinya kita perlu memecahkan permasalahan yang ada ke dalam bagian-bagian kecil seperti berikut:

  1. Mengubah semua huruf agar menjadi huruf kecil, menggunakan toLowerCase()
  2. Memecah kalimat menjadi kata-kata dan mengubahnya ke dalam bentuk array, menggunakan split()
  3. Mengubah huruf awal setiap elemen array yang berisi kata yang sudah terpisah tadi, menjadi huruf kapital, menggunakan map(), slice(), dan toUpperCase()
  4. Menggabungkan kembali kata-kata yang tadi sudah kita pisah menjadi sebuah kalimat, menggunakan join().

Dari penjabaran di atas, maka dapat dibuat skrip sebagai berikut:

Ada cukup banyak manfaat yang didapat dari mengikuti FCC. Dari sini bahkan saya menyadari bahwa mungkin yang saya kuasai selama ini tidak lebih hanya sekadar CRUD dan pemanfaatan fungsi-fungsi yang sudah ada melalui tutorial-tutorial yang bertebaran di luar sana.

Semoga postingan ini dapat membantu sekaligus menambah semangat bagi kalian yang saat ini sedang mempelajari atau mengenal JS kembali.

2 Comments

  1. wah mas nya ini coder ya, saya tertarik sekali belajar react native, bisa kasi rekomen mulai belajarnya dari mana dulu?

    • Miftah Afina

      23 September 2018 at 08:05

      Pertama saya belajar react-native itu dari website resminya, tapi karena bingung dengan penjelasan yang ada, saya coba untuk mengikuti video “React Native Crash Course” yang ada di YouTube.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

© 2018 Miftah Afina

Theme by Anders NorénUp ↑