Pulau Maratua, pulau terluar Indonesia ini terletak di Laut Sulawesi dan berbatasan dengan negara Malaysia. Pulau Maratua ini bagian dari wilayah Kabupaten Berau, Kalimantan Timur..

Sumber: wikimedia.org

Pulau dengan penduduk sekitar 3000 jiwa ini memilki eksotisme dan keindahan yang luar biasa. Dengan karakteristik yang hampir mirip dengan Pulau Derawan.

Bagaimana jika ingin berlibur menikmati cantiknya Pulau Maratua?

Selain perjalanan darat yang memakan waktu belasan jam, Anda dapat menyingkat waktu menggunakan perjalanan udara dengan maskapai Kalstar Aviation dari Bandara Temindung Samarinda. Dan Untuk mencapai pulau Maratua, butuh waktu kurang lebih 1 jam menggunakan kapal cepat dari Derawan.

Namun jika berangkat dari Kota Tarakan, Anda juga dapat menggunakan perjalanan udara dari Bandara Internasional Juwata Tarakan, Kalimantan Utara (Kaltara) ke Bandara Maratua, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur (Kaltim). Dan cobalah untuk terbang bersama Kalstar Aviation dari Tarakan ke Berau.

Pesona Pulau Maratua memang tak kalah cantik jika dibandingkan dengan Derawan. Hamparan laut biru akan menghipnotis siapapun yang datang ke sana dan langsung ingin menyelam. Dunia bawah laut di Maratua membuat para penyelam tidak berhenti untuk mengagumi keindahannya.

Sumber: instagram.com @feri_julian

Suasana tenang di Pulau Maratua ini sangat cocok untuk wisatawan yang ingin menenangkan pikiran dan menyegarkan mata. Di sana juga tersedia resort dengan bangunan khas seperti resort-resort di Maldives. Penginapan di atas air dengan kamar-kamar yang mempunyai akses langsung ke laut. Dengan merogoh kocek Rp. 600 – 800 ribu, wisatawan dapat menginap di sana, itu juga sudah termasuk makan tiga kali dalam sehari.

Namun, jika ingin backpacker, maka menginap di homestay atau di rumah penduduk pilihannya, selain lebih murah juga dapat lebih mengenal lebih dekat dengan masyarakat lokal.

Ada ratusan spesies terumbu karang di perairan Maratua. Selain terumbu karang juga terdapat ikan hias dan ikan karang. Karena itu, Pulau Maratua menjadi titik snorkeling dan diving para wisatawan lokal maupun mancanegara.

Sumber: animalhi.com

Selain ikan hias juga ada ikan yang bisa dikonsumsi seperti ikan kerapu, ikan baronang dan ikan kakap. Dan tahukah Anda jika sepanjang pantai di Pulau Maratua ini juga terkenal sebagai tempat bertelurnya penyu hijau. Dalam setahun ratusan penyu bertelur di pulau Maratua. Jika dilihat dari dermaga, dengan air laut yang jernih tampak penyu-penyu yang sedang berenang.

Menikmati matahari tenggelam di Pulau Maratua akan menjadi momen tersendiri. Karena momen sunset di Pulau Maratua adalah salah satu sunset terbaik di Indonesia. Tenggelamnya sang surya sebagai tanda waktunya para wisatawan untuk membersihkan diri dan bersiap untuk makan malam.

Sumber: tripadvisor.com

Pesona keindahan alam pantai Maratua juga menghipnotis Pangeran William, putra Pangeran Charles dari Kerajaan Inggris yang mengajak istrinya untuk berlibur di Pulau Maratua.

Tunggu apa lagi? Cek tiket Kalstar Aviation untuk segera terbang ke Pulau Maratua.