Mandek di Tengah Jalan

Dipublikasikan pada 9 Desember 2017

Pernah belajar sesuatu tapi nggak sampai tuntas, alias mandek di tengah jalan? Salaman dulu, kita sama.

Di dunia programming, ada beberapa hal yang awal-awal saya semangat mempelajarinya, tapi belum sampai tuntas udah keburu mandek duluan. Meskipun sebenarnya belajar gituan emang nggak ada tuntasnya sih, karena hampir tiap hari akan banyak library dan tools baru yang bermunculan. Belum lagi kalo ada yang deprecated. Beuhh…

Ruby on Rails, contohnya. Saya mempelajari ruby kemudian berlanjut ke rails sekitar awal-awal tahun ini. Tapi cuma hitungan 2-3 bulan habis itu nggak pernah lanjut lagi. Itu cuma contoh kecil, sebenarnya ada beberapa hal lainnya, tapi nggak saya cantumkan di postingan ini.

Setelah hal tersebut berulang kali terjadi, saya amati barangkali penyebabnya adalah sebagai berikut:

1. Kita mempelajari sesatu yang sebenarnya tidak/belum kita perlukan

Nggak semua hal yang baru itu harus kita ketahui, nggak semua hal yang kelihatannya menarik itu pas untuk dipelajari. Kita musti pintar-pintar memfilter mana yang kira-kira kita perlukan, bukan sekadar mana yang kita inginkan.

Jangan sampai waktu yang telah kita investasikan untuk mempelajari sebuah hal baru menjadi sia-sia.

2. Kita mempelajari sesuatu karena sekadar ikut-ikutan

Nggak selamanya ‘ikut-ikutan’ itu negatif. Tapi balik lagi ke poin pertama, kita juga musti tau dulu apa dan manfaat apa yang bisa didapat setelah mempelajari hal tersebut.

Jangan sampai kita mempelajari sesuatu karena sekadar ikut-ikutan alias taklid buta.

3. Kita mempelajari sesuatu, tapi tak kunjung mengamalkannya

Ini yang penting, sebisa mungkin setelah mempelajari sesuatu hendaknya kita bersegera untuk ‘mengamalkannya’, dalam bentuk project-project kecil misalnya. Karena kalo nggak, kita akan kehilangan arah, tujuan dan semangat belajar kita. Serius, poin ke-tiga ini yang sering kali terjadi pada diri saya.

So, itu mungkin beberapa hal yang mungkin menjadi penyebab mandeknya belajar. Semoga ke depan nggak sering terulang lagi. Btw, apa yang sedang kalian pelajari sekarang? Tulis di kolom komentar ya.

Kategori: Catatan
Tidak ada tag

About The Author

Miftah Afina

Hello! 👋

I'm Afin, a Google Apps Script freelancer that ready to automate your workflows.

2 komentar

Nanang Ismail

Ane banget tuh. :D :X

2 Januari 2018 pukul 1 lebih 19 menit

Miftah Afina

Heheh.. tos dulu, ustadz.

5 Januari 2018 pukul 19 lebih 53 menit