Hihi, maaf judulnya agak gimanaa gitu. Ya abis mau pake judul lagi…?

Ya kher. Sebagai coder, tentunya kita merasa senang apabila program yang kita tulis dipakai oleh orang lain, terlebih yang memakai adalah banyak orang, dan digunakan untuk keperluan yang baik, tentunya.

Seperti yang saya alami beberapa hari ini. Rasa pusing saat ngoding (apalagi waktunya libur saya nggak bisa libur) seolah sirna (untuk sementara, red) tatkala program yang saya pakai tersebut diakses dan digunakan oleh banyak orang untuk menuju jalan kebaikan. Ya, jalan menuntut ilmu syar’i. Paling enggak, semoga saya kecipratan pahalanya dikit-dikit.

elePHPant

elePHPant

Namun kadang juga mengalami frustasi ketika bug yang ada tak kunjung ditemukan solusinya. 2 hari yang lalu contohnya, saya mendapat laporan oleh bagian input data bahwasannya terjadi perselisihan selisih antara jumlah calon peserta didik yang ada di list dengan data rekap. Tentu saja yang pertama kali saya periksa adalah queri pada skrip phpnya, namun sepertinya tak ada kesalahan pada query. Berpindah ke awal baris, baris kedua, ketiga dan seterusnya juga tak tampak sesuatu yang aneh terlihat didepan mata.

Hingga akhirnya tadi siang, saya memutuskan untuk mengecek queri-nya satu per satu pada phpmyadmin dan hasilnya… taraa… ditemukan salah satu data calon peserta didik baru yang ada di salah satu queri, namun tidak muncul pada hasil queri yang satunya.

But wait, pada kolom nama di salah satu baris tertulis Eek Embek. Wallahi, saya nggak bohong. Akhirnya saya teliti data tersebut, pada kolom alamat tertulis “Timika, Papua” namun pada kolom Provinsi tertulis Jawa Barat. “Maksudnya apa…?” dalam benak saya. Akhirnya saya mengambil kesimpulan sementara bahwa “Ini orang iseng”. Saya telusuri kolom demi kolom, tabel demi tabel dan akhirnya menemukan sesuatu yang janggal. Tertulis angka 2 milyar lebih pada kolom penghasilan orang tua. Oh ternyata, saya lupa pada salah satu queri —karena terdapat fitur beberapa filter data— saya memilih untuk menampilkan data dalam bentuk list dengan kriteria penghasilan dari nilai 0 sampai dengan 1,5 milyar. Yang menyebabkan Eek Embek ini tidak muncul pada salah satu hasil queri.

Yah…, namanya juga manusia pasti ada salahnya, termasuk saya. Dan si Eek Embek ini menyadarkan saya dari kesalahan tersebut. Thanks, Mbek.