Mengecilkan Ukuran Virtual Disk WSL2 di Windows 10

Dipublikasikan pada 11 September 2021

Setelah sebelumnya kita membahas tentang cara mengakses file dan folder WSL/WSL2 melalui File Explorer, kali ini kita akan mencoba mengecilkan file virtual disk WSL2.

Sama seperti virtualisasi pada umumnya, WSL2 juga menggunakan konsep virtual disk sebagai piranti penyimpanan file-file yang ada di distro linux yang kita install. Virtual disk ini berukuran dinamis, yakni dapat membesar sesuai dengan ukuran file yang ada di dalamnya.

Masalahnya adalah ukuran virtual disk tersebut tidak otomatis mengecil meskipun kita telah menghapus file-file yang ada di dalam distro linux, sehingga tentu hal tersebut mengurangi ruang kosong SSD kita.

Untuk itu kita perlu mengecilkannya/shrink secara manual. Berikut adalah langkah-langkahnya.

Sebelum Memulai

Ketahui lokasi dan ukuran virtual disk WSL2

Sebelum memulai, silakan cek lokasi dan ukuran virtual disk kita. Lokasi virtual disk WSL2 berbeda-beda, tergantung distro yang kita install. Untuk distro yang saya pakai, Ubuntu-20.04, lokasi virtual disknya ada di C:\Users\afin\AppData\Local\Packages\CanonicalGroupLimited.Ubuntu20.04onWindows_79rhkp1fndgsc\LocalState\ext4.vhdx dengan ukuran 7,9 GB

File virtual disk ubuntu 20.04 di WSL2

Pastikan distro kita dalam keadaan berhenti

  1. Untuk melihat daftar distro yang berjalan di atas WSL2 beserta statusnya, buka PowerShell, kemudian ketik

wsl.exe --list -v
Di komputer saya hanya ada satu distro, dengan nama Ubuntu-20.04 2. Pastikan distro yang ada dalam keadaan Stopped, jika masih Running silakan dimatikan dulu dengan perintah
wsl.exe --terminate Ubuntu-20.04

Daftar distro linux yang terinstall di atas WSL2

Langkah-langkah

  1. Pada PowerShell ketik diskpart untuk membuka program diskpart
  2. Pada diskpart ketikkan perintah

select vdisk file="C:\Users\afin\AppData\Local\Packages\CanonicalGroupLimited.Ubuntu20.04onWindows_79rhkp1fndgsc\LocalState\ext4.vhdx" lalu tekan enter.
Akan muncul notifikasi “DiskPart successfully selected the virtual disk file” 3. Berikutnya ketik compact vdisk, tunggu prosesnya hingga 100% complete, kemudian akan muncul pesan “DiskPart successfully compacted the virtual disk file” 4. Jika proses sudah selesai, kita bisa menutup diskpart.

Lihat dan bandingkan ukuran virtual disk sebelum dan sesudah dikecilkan. Semoga bermanfaat.


Pranala luar

Kategori: Coding
Tag: WSL

About The Author

Miftah Afina

Hello! 👋

I'm Afin, a Google Apps Script freelancer that ready to automate your workflows.

0 komentar