Sejak awal Januari 2020 saya memutuskan untuk belajar React serta ES6 dari dasar, dan baru di pertengahan Februari bisa nyangkut itu React di kepala.

Mulai lah setelah itu bikin-bikin PWA kecil-kecilan kayak Jemuran Counter, Mau Wasap, Wapia (penggunaan internal kantor), Kaldik, dan terakhir yakni PWA untuk menampilkan jumlah kasus COVID-19 melalui API yang disediakan oleh @mathdroid, yang konon datanya diambil dari JHU CSSE. Halaman tersebut dapat diakses melalui covid19.miftahafina.com.

Sebuah Tantangan

PWA yang terakhir disebutkan memiliki lima buah halaman, dari kelima halaman tersebut paling susah menurut saya itu bikin halaman chart, karena API tersebut sepertinya belum menyediakan endpoint yang memungkinkan kita untuk merequest data kasus berdasarkan rentang waktu untuk negara tertentu.

Sehingga, untuk membuat chart perlu dilakukan sedikit sentuhan pada data yang diperoleh seperti berikut:

  1. Menentukan batas tanggal awal dan tanggal akhir;
  2. Melakukan perulangan untuk mengambil tanggal-tanggal yang terletak di antara batas awal dan akhir;
  3. Melakukan perulangan tanggal tersebut sembari fetching data kasus ke API berdasarkan tanggal yang diulang, kemudian mengumpulkannya;
  4. Memfilter data berdasarkan negara sesuai kebutuhan, menambahkan tanggal pengambilan data, dan memasukkannya ke dalam objek;
  5. Mengurutkan data yang telah dikumpulkan berdasarkan tanggal;
  6. Memisahkan data kasus sesuai status yang diperlukan;
  7. Meletakkan data-data tersebut ke dalam chart.

Jadi kesimpulannya, [nggak ada kesimpulan sih.]

Thanks to:
@netlify @mathdroid @prawitohudoro @flaticon