Lemot, Begini Cara Mempercepat Koneksi Internet di HP Kamu

Pasti sebel kan kalau koneksi HP lemot ketika sedang ada hal penting? Selain masalah di operator, ada beberapa masalah lain yang bisa membuat koneksi internet di HP kamu jadi nggak sekencang yang seharusnya. Tentu saja, ada banyak cara mudah untuk mengatasi masalah ini dengan langkah yang bisa kamu lakukan sendiri.

Bersihkan Cache

Sumber: PCworld

Langkah pertama adalah dengan bersih-bersih apapun yang nyangkut di cache. Secara tidak sadar, cache yang tersangkut akan menyedot kuota kamu karena ia tidak sepenuhnya tertutup dari laman ponsel. Inilah yang kemudian membuat koneksi internet kamu jadi kurang maksimal.

Lakukan pembersihan cache secara berkala agar kecepatan HP kamu lebih kuat. Biasakan untuk menutup sisa jendela browser atau aplikasi dengan sempurna agar tidak membebani selancar kamu di internet berikutnya.

Pasang Ad-Blocker

Seperti cache, keberadaan iklan di sebuah website yang kamu buka juga menyedot kuota dan membuat koneksi internet jadi lemot. Terlebih jika banner iklan yang terpasang di situs itu berupa animasi atau video, dijamin koneksi kamu bakal mendadak lemot.

Solusinya mudah saja, pasang Ad-Blocker di HP kamu agar laman yang terbuka dari sebuah situs hanyalah informasi utama yang hendak kamu baca saja.

Ganti VPN

Salah satu penyebab sinyal lemot adalah karena IP di sebuah daerah sudah penuh. Untuk mengatasi masalah ini, kamu bisa mengubah VPN di ponsel. Caranya mudah, carilah aplikasi VPN di Google Play Store, lalu pilih yang ratingnya paling bagus. Negara dengan rating bagus dan IPnya tepat, akan membuat koneksi internet kamu jadi lebih lancar.

Ganti Operator Pakai Telkomsel Saja

Sumber: Pijarnews

Malas atur VPN dan bingung cara pakainya, coba deh ganti operator saja. Pakai paket internet milik Telkomsel yang sinyalnya kuat dimanapun kamu berada. Kamu bisa pelajari cara daftar paket internet Telkomsel dengan 2 cara.

Cara pertama, pasang aplikasi My Telkomsel di HP kamu dan daftarkan nomornya. Beli pulsa Telkomsel di Traveloka, kemudian paketkan sesuai dengan kebutuhan. Setelah memasukkan nomor telepon ke aplikasi MyTelkomsel, kamu akan dapat pemberitahuan paket apa saja yang bisa dibeli di sana.

Untuk lebih praktis saat pelajari cara daftar paket internet Telkomsel, boleh coba cara kedua nih. Buka aplikasi Traveloka, pilih menu Tagihan & Isi Ulang,  pilih Pulsa & Paket Internet, masukkan nomor telepon kamu dan pilih produk paket internet yang kamu ingin beli. Selesaikan prosesnya sampai ke pembayaran, maka dalam hitungan menit paket internet kamu sudah aktif.

Jangan Malas Restart HP

Sudah melakukan clear cache tapi koneksi masih lemot, coba deh restart HP kamu. Dengan melakukan restart HP, kamu sudah membersihkan sisa cache yang tak tampak dan juga menyambungkan koneksi internet dengan IP baru. Dengan IP baru, sinyalmu bisa jadi lebih lancar.

Selain restart, banyak juga yang melakukan cara on – off airplane mode. Tetapi kadang cara ini hanya bisa mendapatkan sinyal bagus sementara saja.

Tak hanya membuat HP dapat sinyal bagus, rutin melakukan restart HP secara berkala juga akan membuat ponselmu terkalibrasi dan performanya jadi maksimal.

Atur Kualitas Media Yang Diakses

Coba cek pengaturan kualitas gambar yang kamu akses di ponsel. Jika kamu terbiasa mengakses media seperti foto dan video dengan kualitas tinggi, maka perlu sinyal yang sangat kuat untuk bisa memproses data dengan sempurna.

Biar HP kamu nggak bekerja lebih keras untuk mencari sinyal yang lebih kuat, atur akses media ini pada kualitas standar atau rendah saja. Dengan gambar dan video di kualitas rendah, maka koneksi internet kamu tidak terbebani saat loading atau buffering.

Kira-kira cara yang mana nih yang sudah pernah kamu coba?

2 Comments

  1. Seringnya aku pakai airplane mode duluu..bis itu lancar jayaaa..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

© 2019 Miftah Afina

Theme by Anders NorénUp ↑