Konsistensi Antarmuka

Beberapa hari yang lalu adik saya sedikit mengeluh setelah memperbaharui WhatsApp karena ada satu fitur yang menurutnya hilang saat itu, yakni fitur untuk menampilkan seluruh kontak.

Karena merasa iba, sebagai kakak yang baik (tsahh… ) saya pun mengirimkan screenshot bagaimana cara menampilkan seluruh kontak, sebagai pelengkap tak lupa pula saya kasih highlight agar memperjelas. “Pertama ke tab Chat, kemudian tap icon yang berada di kanan atas, sebelah icon search.”

Tapi tetap saja, dia nggak nemu. Setelah itu saya berasumsi bahwa mungkin icon tersebut ke-hidden karena faktor resolusi layar ponselnya yang terbilang kecil.

Nah…. Ternyata setelah tadi malem WhatsApp saya ‘nggak sengaja’ ke-update saat terkoneksi ke Wi-Fi kantor, saya lihat WhatsApp memang menghilangkan icon  tersebut, namun sebagai gantinya ia meletakkannya di pojok kanan bawah berbentuk lingkaran. Yapp…  WhatsApp sekarang telah mengimplementasikan FAB alias Floating Action Button pada aplikasinya.

Bukan Kesimpulan

Barangkali kasus di atas menunjukkan betapa pentingnya konsistensi antarmuka dan minimal surprise di dalam sebuah aplikasi. Paling tidak, seharusnya ada fitur Guide ketika aplikasi baru diperbaharui, yang memperkenalkan kita kepada hal-hal baru yang ditambahkan/diubah setelah dilakukan pembaharuan.

Pernah ngalamin kasus serupa? Ceritain di kolom komentar ya… 

 

1 Comment

  1. Kalau menurut saya pribadi,gui WhatsApp sekarang lebih oke dibanding sebelumnya, yang ngebuat orang tua saya nanya kontanya di sebelah mana hehehehe…

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

*

© 2017 Miftah Afina

Theme by Anders NorénUp ↑