Siap Berburu Tiket Pesawat Murah? Yuk, Ikuti Tips Simple Berikut ini

Sudahkah Anda meluangkan waktu untuk liburan? Liburan dan traveling kini memang sudah menjadi kebutuhan, bahkan kebiasaan yang mungkin ada di setiap agenda bulanan, tahunan beberapa orang. Anda tak ingin ketinggalan bukan? Traveling bukan hanya sekedar mengikuti trend kekinian, melainkan dibutuhkan oleh semua orang, khususnya Anda yang memiliki segudang kesibukan.

Tak ada yang salah jika Anda juga memiliki hobi traveling, namun perhatikan juga budget perjalanannya ya. Anda juga harus memahami beberapa cara untuk menyiasati tingginya biaya yang dibutuhkan, khususnya jika menggunakan transportasi udara untuk menjangkau lokasinya. Bahkan biaya pesawat sering kali memakan budget Anda secara berlebihan bukan?

Meskipun saat ini kita sangat dipermudah dengan teknologi, namun tetap harus memperhatikan hal-hal simple dan beberapa tips yang bisa Anda lakukan, salah satunya adalah berburu tiket pesawat murah. Selain itu, ada banyak cara jitu lainnya yang perlu Anda siapkan mulai saat ini juga. Apa saja cara jitu yang bisa Anda terapkan untuk mendapat tiket pesawat murah untuk liburan?

Sumber: bisnis.liputan6.com

Sumber: bisnis.liputan6.com

Berikut adalah beberapa tips simple yang bisa Anda lakukan:

1. Memesan tiket dengan jangka waktu yang lama dari jadwal keberangkatan           

Budget tiket pesawat umumnya paling menyedot pengeluaran Anda, jadi memesan tiket pesawat murah pastilah menjadi solusi utama. Namun sering kali terjadi kendala terutama ketika mendekati hari H keberangkatan Anda. Selain kemungkinan batal mendapatkan atau kehabisan tiket, juga mengenai harga yang akan jauh lebih mahal. Beberapa maskapai juga cenderung mematok harga yang tinggi/mahal saat jarak waktu pemesanan dan keberangkatan semakin dekat.

Nah, waktu atau jam pemesanan juga harus diperhatikan. Kesempatan paling banyak mendapatkan promo harga menarik dengan sedikit pesaing adalah saat tengah malam. Jangan lupa juga sediakan kopi panas untuk melawan rasa kantuk dan siap menemani Anda saat melakukan pencarian ya!

2. Mengecek website secara rutin

Next, pasti muncul beberapa pertanyaan tentang bagaimana cara mendapat informasi dan juga penawaran harga terbaik dari beberapa maskapai bukan? So, salah satu caranya, Anda harus mengecek website secara online.

Maskapai penerbangan selalu melakuakan up-date informasi, terutama mengenai info harga dan juga penawaran menarik lainnya. Harga tiket juga sering kali berubah dalam hitungan menit dan jam. Jadi, pastikan Anda selalu mengecek dengan sabar setiap websitenya. Walking website untuk melakukan perbandingan harga juga realtif efektif.

Pastikan juga website yang Anda kunjungi sesuai dengan tujuan kepergian Anda karena ada beberapa maskapai untuk perjalanan ke luar negeri dan juga maskapai di lingkup penerbangan lokal saja. Selain website beberapa perusahaan Online Travel Agent seperti Traveloka, PegiPegi, Agoda dan lainnya juga menyediakan layanan dan penawaran harga tiket pesawat murah.

Nah, cara lainnya adalah melakukan registrasi menjadi member di situs OTA. Melalui situs tersebut, Anda memiliki kesempatan mendapatkan private pricing, yakni harga special bagi customer yang rutin melakukan transaksi. Selain itu juga bisa mengikuti email newsletter yang secara rutin akan menginfokan up-date harga tiket pesawat melalui email Anda.

3. Memilih waktu yang pas dan fleksibel

Umumnya, orang-orang memilih waktu tertentu untuk melakukan traveling, yakni saat weekend, libur panjang, baik itu perayaan keagamaan, hari besar nasional ataupun momen libur akhir tahun. Mungkin tak jauh berbeda dengan Anda, tapi di saat yang sama, Anda akan mengalami beberapa kendala. Harga perjalanan dan penginapan saat peak-season rata-rata lebih mahal karena demand yang juga meningkat.

Sumber: aktual.com

Sumber: aktual.com

Nah, untuk mensiasatinya tentu bisa menggunakan cara simple, salah satunya hindari keberangkatan saat weekend. Anda juga bisa menyisihkan waktu cuti Anda untuk traveling. Jam keberangkatan juga memiliki pengaruh yang sama besarnya pada harga tiket pesawat Anda lho. Saat subuh atau tengah malam adalah waktu tepat keberangkatan, umumnya orang masih jarang memilih waktu tersebut sehingga harga relatif lebih terjangkau.

Jika ingin mendapat tiket promo tanpa terpengaruh dengan jadwal wisata Anda, langkah yang utama adalah mendapatkan tiketnya terlebih dahulu. Pastikan Anda sudah mengantongi tiket promo terlebih dahulu, baru menetapkan perkiraan waktu keberangkatan.  Anda juga bisa bayangkan, jika sudah menentukan tanggal dan persiapan lainnya, tetapi justru gagal mendapat tiket promonya. Maka lebih baik jika memastikan kondisi sebaliknya.

4. Menyiapkan dokumen pendukung

Siapa bilang jalan-jalan dan liburan tak butuh dokumen pendukung? Justru perihal dokumen dan persyaratan administrasi lainnya harus disiapkan dari jauh hari, terutama bagi Anda yang hendak menuju ke luar negeri. Maka siapkan segera paspor Anda ya, jadi saat tiba mendapat promo harga tiket pesawat sudah tak dipusingkan dengan keperluan dokumen yang membutuhkan proses berhari-hari.

Sumber: kekinian.com

Sumber: kekinian.com

Nah, bagaimana? Anda sudah tidak terlalu khawatir untuk menghadapi kemungkinan budget yang membengkak saat liburan bukan? Segera tentukan lokasi wisata dan selamat menikmati liburan Anda!

9 Komentar

  1. Biasanya banyak promo menjelang akhir taun. Harus mantengin website maskapai kesayangan nih!

  2. tapi sekarang yang murah rawan penipuan min…takut. hihii

  3. Ahsan beli di Calo biar mudah dan siimpel

    Yang minat Hub 085701133222

  4. Thanks buat tipsnya gan, kalau aku mau cari harga murah yah dari jauh-jauh hari bookingnya, kecuali ada urusan mendadak mau ga mau deh….

  5. mesti mulai nabung nich buat bsa liburan

Tinggalkan Balasan

Santai saja, alamat email Anda tidak akan saya publikasikan.

*

© 2017 Miftah Afina

Theme by Anders NorénUp ↑