Kesepian? Nggak lagi

Yey… liburan!

beach holidayBerbeda dengan libur Ramadhan (+ Idul Fitri) tahun lalu, libur kali ini bisa dibilang jauh lebih sedikit dari sebelumnya, yakni hanya 27 hari. Belum lagi dikurangi jadwal kuliah yang siap menanti serta beberapa pekerjaan yang harus selesai saat liburan berakhir nanti, padahal teman-teman lainnya hampir seluruhnya sudah mudik ke kampung halaman. Walhasil, sampai sekarang harus betah sendiri saya di asrama. T.T

Media Center

Daripada kesepian, tadinya sih ada rencana buat bikin home theater taroh di kamar pake Raspberry Pi, ditambah sebagai display-nya ‘pinjem’ monitor seukuran 19 inch dari gudang. Tapi koq setelah dipikir-pikir sayang kalo beli Raspberry Pi sekedar untuk dipakai ‘muter pilem bajakan‘, lagi pula belum tau apakah spek-nya bisa mumpuni untuk memutar video full HD.

Alternatif

wall-mount-diyNah, tadi pagi saya coba motong triplek yang dulu sempat minta dari sisaan tukang di Bidang Rumah Tangga, kemudian saya lubangi dan ikat dengan tali pada sisi luar ranjang. Itu triplek saya jadiin sebagai tempat duduk laptop. Maklum, nggak punya wall mount.

Lalu untuk media center di laptop saya pakai Kodi Media Center (sebelumnya bernama XBMC) yang telah diinstall di Ubuntu saya. Dan untuk remote, saya pakai Kore, aplikasi remote control Kodi yang bisa diunduh gratis dari Play Store.

Dan taraa… sambil tiduran dan meluk bantal guling (yang ini opsional sih, hehe) sudah bisa nonton film dengan nyaman.

kodi-media-center-xbmc

But…

Tapi sesaat baru kepikiran *tumben afin bisa mikir * biar pas nonton saat selesai liburan nanti nggak nge-ganggu orang lain di kamar?

Aha, ada 3 opsi yang sempat saya pikirkan:

1. Pakai stereo bluetooth earphone / headphone
Kenapa harus wireless? Karena jarak dari laptop ke telinga cukup jauh. Sementara bluetooth earphone yang saya punya cuman bluetooth earphone mono yang sangat sangat sangat ‘cempreng’ bunyinya, kalau mau beli lagi juga mahal, jadi saya coba beralih ke cara lain.

2. Stream suara lewat bluetooth ke ponsel
Nah, logikanya suara dari laptop ditransfer ke ponsel, kemudian baru di ponsel saya pakai earphone kabel. Tapi saya googling softwarenya koq qodarullah nggak nemu-nemu. Kalau ada yang tahu cara ini, tolong kabari saya ya.

3. Stream suara lewat Wifi ke ponsel
Akhirnya cara ini yang saya pakai, suara dari laptop dikirim ke ponsel melalui wifi, untuk kemudian di ponsel saya pakai earphone kabel biasa.

Untuk menyiasati agar speaker di laptop nggak bunyi, dan yang bunyi hanya earphone yang menancap di ponsel, saya tutup itu lubang earphone di laptop pakai jack audio 3,5 mm yang rusak. hihi

Cuman masalahnya, ternyata ada delay antara suara yang didengar lewat earphone dengan gambar, wajar sih. Orangnya mangap-mangap duluan, baru suaranya keluar belakangan. Tapi di Kodi ternyata ada fitur untuk meng-offset suara, jadi suara di laptop tinggal saya majuin saja beberapa detik, dan masalah selesai. hehe

Nah, itu dia langkah yang saya lakukan untuk mengatasi kejenuhan dan kesepian. Etapi kalo nontonnya ada yang nemenin lebih enak kali ya? Haha

Gimana? tertarik buat ngikuti cara di atas? Kasih tau komentarnya di kotak bawah ini ya!

14 Comments

  1. tidur sambil nonton tv itu asyik bgt mbak

  2. Wuidih..
    Kreatip amat pake triplek begitu hehe…
    Trus gimana tuh rasanya nonton film tapi suaranya telat hehe…
    Aku juga sering sih…dapet dipidi korea bajakan yang error gitu soalnya hehe..*nyari temen sependeritaan*

    • Kan tinggal di offset’in doang suaranya. Di resync gitu.

      Di vlc ato di kodi media center ada fitur gituannya koq. Mereka mengerti penderitaan kita.

  3. Kalok aku sih lebih milih maen game

  4. Kreaktif ya … Jempol deh …

  5. Boleh minta sumbangan earphone bluetooth ga? Hahahaha Mampir2 juga btw!

  6. keren banget mas remot komputer dari hape …

  7. Wah enak tuh kayaknya Saya mau nyobain praktik ah

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

*

© 2017 Miftah Afina

Theme by Anders NorénUp ↑