Tamu Janggal

sadako-wallpaperKemarin di kantor saya kedatangan tamu dari luar negeri —saya mengetahuinya karena informasi dari bagian keamanan—. Bukan hal yang spesial memang, karena sebagian pelajar dan pengajar di sini banyak juga yang berasal dari luar Indonesia.

Singkatnya, tamu tersebut masuk ke ruang tamu kantor. Dilanjutkan dengan bincang-bincang bersama humas yang kebetulan menemui mereka saat itu.

Namun kali ini ada sesuatu yang janggal, setelah saya mendengar sekilas percakapan mereka tidak menggunakan bahasa selayaknya tamu dari luar negeri yang biasanya Melayu, Arab atau Inggris, melainkan dengan bahasa Jawa. Nah loo…!

Selidik punya selidik dari hasil mengamati pembicaraan mereka (baca: nguping), ternyata  mereka berasal dari salah satu negara di Amerika Selatan yang merupakan bekas jajahan Belanda. Aha.., Suriname. Bagi yang belum tahu cerita tentang Suriname, silakan googling dulu.

Dulu pertama kali saya tahu cerita tentang Suriname waktu masih SD, oleh kakek (Alm.) saya karena dulu waktu SD sering tanya-tanya tentang pelajaran ke kakek juga.  Awalnya sih kurang percaya kalo orang Suriname itu masih ada pake bahasa Jawa, tapi ternyata setelah mendengar langsung baru deh percaya.  Jadi kangen sama beliau. Semoga tenang di alam sana. :’)

Eh, iya. Itu kenapa gambarnya serem gitu yak? hihihi

35 Comments

Ditter 10 November 2014 Reply

Kirain tamunya itu hantu…. Ketipu sama gambar, haha….

Miftah Afina 11 November 2014 Reply

Wah.. Dapet korban juga. 😀

wongcrewchild 10 November 2014 Reply

gambarnya kagak nyambung 🙂

penasaran dg suriname, minimal kalo kesana sudah punya modal bahasa jawa.
special banget tamunya

Miftah Afina 11 November 2014 Reply

Sengaja. 😛

Iya, soalnya mereka tidak bisa bahasa Indonesia. Biasanya Belanda sama jowo.

dani 10 November 2014 Reply

Itu pertanyaan gw Fin, gambarnya kok serem. hahaha. Ternyata beneran masih pake bahasa jawa ya..

Miftah Afina 11 November 2014 Reply

Hehe. Iya mas, tadinya mau yang lebih serem lagi, tapi kasian pengunjung.

Beby 11 November 2014 Reply

Aku kira hantuuuuu.. -_-

Iya katanya sih orang Suriname masih pakek Bahasa Jawa, tapi aku sendiri belom pernah ketemu en ngobrol-ngobrol sama mereka.. 😛 *ngarep

Miftah Afina 11 November 2014 Reply

Haha.. main kesana beb, kali aja nemu yang cakep. *ehh

Beby 12 November 2014 Reply

Ngga tahan ongkosnya. Hahah 😀

Imron Rosadi 11 November 2014 Reply

Baru tau gan kalo Suriname pake Bahasa Jawa. Inyong yaa dadi bangga, soale inyong kan Jawa tulen. Dadi nambah pengetahuan kie lah nek Suriname nganggo bahasa Jawa. Hehehe maaf gan bikin ilfil.

Miftah Afina 11 November 2014 Reply

Hehe.. jowo tulen tho..
Jowo’ne sebelah endi, mas?

Imron Rosadi 15 November 2014 Reply

Purwokerto mas, oiyaa minta follback boleh nggak? imyonrosadi.blogspot.com

Fazri 11 November 2014 Reply

wah saya bisa ngobrol sama orang itu dong,, soalnya bs sedikit bhs jawa… 🙂 maklum keturunan wong jowo

Miftah Afina 11 November 2014 Reply

Bisa banget mas, tapi sayang orangnya udah pulang. 😀

mandor 11 November 2014 Reply

wah pakai bahasa jawa Kromo gitu ya.
Seneng banget kalau pas mereka menggunakan bahasa yang kita tahu

Miftah Afina 11 November 2014 Reply

Ngoko juga mereka sedikit bisa

Haris Luqman Hakim 14 November 2014 Reply

Iya, jadi inget pelajaran SD dulu, gak kaget juga kalau mereka bisa bahasa jawa dengan lancar. Kan emang udah dijelaskan saat pelajaran sejarah dulu.

Miftah Afina 14 November 2014 Reply

Iya, sih. Mungkin pas itu ane sakit ga masuk. *alasan*

ipah kholipah 14 November 2014 Reply

hahahaha ketipu deh di kirain kedatangan hantu 🙂

dizaz 14 November 2014 Reply

Itu gambar serem amat, kirain tamunya hantu,
Suriname, saudara jauh jadinya dong.

Miftah Afina 14 November 2014 Reply

Hahaha.. Banyak yang ngira gitu ternyata

arip 16 November 2014 Reply

Tertipu gambar juga.

Itu yg orang Jawa di Suriname ga kangen mudik ke kampung halamannya gak ya?

Miftah Afina 17 November 2014 Reply

Hehe..

Gak tau itu mas.

Ehwansah Jailani 18 November 2014 Reply

Suriname yang pernah saya tau katanya menggunakan bahasa jawa halus ya mas…

Miftah Afina 18 November 2014 Reply

Tapi ngoko juga bisa koq.

Dwi Puspita Nurmalinda 19 November 2014 Reply

Suriname…dulu aku juga dijelaskan ama guru IPS ku kalo di Suriname banyak orang Jawa nya,,,eh ternyata betul ya,,,

Miftah Afina 21 November 2014 Reply

Iya, betul ternyata. 😀

Sepeda Pancal 6 Januari 2015 Reply

tak kira tadi kedatangan hantu..ternyata bukan..hehe

Miftah Afina 7 Januari 2015 Reply

Selamat… Anda menjadi korban berikutnya… 😀

gustyanita pratiwi 15 Maret 2015 Reply

Bikin bulu kuduk diri nih

Miftah Afina 16 Maret 2015 Reply

Perasaan ceritanya ga serem. :/

IQROZEN 25 Maret 2015 Reply

Patut berbangga jadi orang jawa ah saya …

Miftah Afina 25 Maret 2015 Reply

Iya, dan juga enak jadi orang jawa. Ga perlu subtitle kalo nonton videonya Bayu Skak. hihi

Tinggalkan Balasan ke Sepeda Pancal Batalkan balasan