Hasil Iseng Liburan Lebaran

baby-yawnHuaaaammhh….

Serasa baru bangun dari tidur panjang di dalam goa. Ngerasa sepi sebenernya, ponsel nggak ada notifikasi pemberitahuan komentar baru lagi dari temen-temen blogger. Ya wajar aja, udah satu bulan lebih blognya mati suri. hihihi

Di postingan kali ini saya ingin menceritakan sekilas tentang program iseng yang saya bikin waktu libur ramadhan dan lebaran kemaren. Karena kebetulan bang Koor juga nanya “Itu program apaan?”

Oke, program berbasis web yang saya bikin itu saya kasih nama SOSIS (hehe, norak ya?), singkatan dari Software SMS Center Otomatis. Sudah bisa ketebak kan dari kepanjangannya? Dan masih sangat sederhana. Ya cuman gitu-gitu aja sih.

Alasan

Alasan utama kenapa saya membuat program sederhana ini adalah karena kebetulan saya saat ini masih bekerja di salah satu lembaga pendidikan Islam (tapi bukan sebagai staff IT, apalagi sebagai pengajar). Pesantren Islam Al-Irsyad Tengaran, namanya. Dan di situ menurut saya ada sedikit permasalahan antara bagian keuangan kami dengan orang tua santri perihal konfirmasi pembayaran uang bulanan atau yang lainnya, yakni kurangnya respon. Wajar juga sih, masa iya harus satu persatu membalas konfirmasi padahal jumlah santrinya saat ini mencapai 1.500 yang banyak berasal dari luar pulau jawa dan bahkan luar negeri. Bisa keriting tuh jempol.

Sehingga dengan demikian orang tua yang telah mentransfer dan mengkonfirmasi untuk pembayaran bingung, apakah uangnya sudah sampai atau belum, apakah konfirmasinya sudah diproses, apakah SPPnya sudah terbayarkan, dan yang lainnya. Akibatnya justru kadang saya (dan mungkin beberapa orang lainnya) yang repot, karena terkadang beberapa orang tua menanyakan hal tersebut kepada saya dan teman lainnya baik melalui telepon maupun BBM yang notabene bukan pegawai keuangan, untuk kemudian saya mencari dan menyampaikan informasi tersebut ke bagian keuangan.

Kemudian

Nah, pas kebetulan lagi blogwalking terus nemu tutorial cara membuat SMS gateway dengan Gammu dan SMS auto-answer sederhana, dari situ lah saya ada ide untuk membuat auto-response SMS. Tujuannya sih sederhana, cuman ngasih ‘ketenangan batin’ aja ke yang bales *tsahh*. Jadi setelah orang tua santri tersebut mengirimkan SMS konfirmasi, maka langsung mendapatkan respon balik yang isinya “Konfirmasi telah diterima.” gitu aja. So, orang tua pasti juga nggak bakalan lagi khawatir kalo-kalo SMS konfirmasinya nggak di respon. hehe

Namun, seiring berjalannya waktu liburan muncul ide, “Kenapa nggak sekalian bikin program untuk pengolahan data konfirmasi dan verifikasinya? Jadi selain orang tua santri dimudahkan, bagian keuangan juga ikut dimudahkan karena semua data konfirmasi secara otomatis diubah ke dalam bentuk tabel yang dapat dengan mudah diolah. Plus tambahan notifikasi otomatis via SMS ke orang tua santri, setiap kali ada perubahan status verifikasi pada data.”

Hari demi hari pun berganti, dan jadi lah SOSIS…

Halaman depan SOSIS

Halaman depan SOSIS

Halaman depan SOSIS

Halaman konfirmasi SOSIS

Yang bikin saya senang adalah bagian keuangan dan IT menyambut hangat hal tersebut. Dan sekarang, SOSIS telah terinstall di komputer server tempat saya bekerja untuk kemudian diakses oleh bagian keuangan, guna mengecek, memverifikasi, mengolah data konfirmasi pembayaran dan yang lainnya.

Dan satu lagi, saya nggak lagi ‘digannggu’ oleh orang tua santri yang kerap kali menanyakan nasib transferannya.

21 Komentar

  1. keren….ganteng aplikasinya mas…pake apa itu buatnya ? framework ?

  2. berarti memudahkan wali santri dalam mengontrol anaknya

  3. Ide yg brilian.
    Dg bantuan suatu aplikasi, persoalan bisa teratasi.
    Semoga dpt membantu semua pihak

  4. Kereeeen..

    Barakallah ya, Bang.. Semoga bisa jadi program yang bermanfaat..

  5. Wuiii.. cakep tuh mas..
    Berminat nih dapet warisan ilmunya

  6. kalau lebaran biasanya saya full liburan selama 3 minggu tidak aktif ngeblog hehehe soalnya di rumah sibuk banget

    ikutan lomba yuk di blog Dicuekin.com

  7. semoga aja program yang ente buat berjalan dengan baik sob, sukses selalu sobat….

Tinggalkan Balasan

Santai saja, alamat email Anda tidak akan saya publikasikan.

*

© 2017 Miftah Afina

Theme by Anders NorénUp ↑