Untung-rugi Punya Nama Mirip Cewek

Suatu ketika kamu mendengar nama “Miftah Afina” tanpa melihat foto atau mengetahui orangnya. Apa yang ada di benakmu? Seorang cewek cantik dengan tinggi badan rata-rata? Jika memang seperti itu, berarti kamu tidaklah sendiri.

Sudah beberapa kali saya disangka oleh banyak orang sebagai perempuan, beberapa menguntungkan bagi saya, sebagian memalukan. Peristiwa terakhir adalah ketika diejeknya nama saya oleh salah satu perempuan di BBM, yang juga menyangka bahwa saya adalah perempuan. Dia berkata nama tersebut terdengar aneh untuk seorang laki-laki. Lebih dari itu, dia bahkan menyuruh saya untuk berganti nama pula. Gila aja, nama udah terkenal gini.

Yang paling parah adalah ketika saya masih menduduki bangku SMP di salah satu Sekolah Rintisan Bertaraf Internasional di kota kelahiran Saya. Selama 3 tahun saya tercantum berjenis kelamin perempuan pada data sekolah tersebut! Bayangkan, entah itu absensi atau apapun. Yang paling membuat malu adalah ketika saya dipanggil maju ke depan, pasti sang Guru berkata “Loh, koq ternyata laki-laki?” atau semacamnya. Dan itu berlangsung selama berkali-kali hingga saya lulus. Masa SMK sedikit lebih menguntungkan karena di SMK guru-guru sedikit banyak mengenal saya.

Kasus lain adalah message di facebook. Ada salah satu cewek yang mengatakan “Koq nama FB kamu pake nama ceweknya? Kenapa ngga pake nama sendiri aja?”. Bangke!!! Itu nama asli saya!

Namun dengan nama —yang dikira oleh sebagian besar sebagai perempuan— tersebut saya bisa mengambil untung. Pasalnya, beberapa kali saya sempat memanfaatkannya untuk bertanya kepada kakak-kakak programmer ketika saya sedang memiliki masalah seputar kode, baik via email, twitter (karena avatar saya tidak menggunakan foto asli), maupun forum-forum. Dan tentu saja programmer-programmer web yang sebagian besar adalah cowok langsung merespon pertanyaan saya dengan cepat dan halus, mungkin karena mereka juga mengira bahwa yang bertanya adalah seorang cewek cantik. Tapi bukan berarti saya maho atau hode loh, ya.

Ala kulli haal, terima kasih kepada orang tua saya atas nama indah nan penuh makna ini kepada saya.

51 Komentar

  1. hahaha ternyata bkan aku aja, tpi lucu ya yg di smp slama 3 thn di sangka cewek

  2. nama depannya mmg cwok, tapi klo nama blkg memang spt cwek..

  3. Bisa aja nih ngerjain seniornya

  4. Ehehehe…,maaf…,saya termasuk dalam kategori orang yang menyangka dirimu juga cewek.tapi….,kalo kamu didandanin cewek…,kayaknya…,#Ooops…,kabuuuurrrrr…,eh tapi arti nama Miftah Afina itu apa?

  5. ehhh kirain juga cewek lho pas liat namanya tadi

    kebalikan sama aku, aku malah sering dikira cowo gara-gara nama T_T

  6. aku termasuk yang kaget juga,
    lho kok photo yang terpampang cowok,,
    tapi benar ya, nama adalah doa dari ortu buat anaknya.

  7. sisi positifnyanya nih ya nama cowok spt nama cewek

  8. Anak bru diktr sy namanya miftahul huda dia cowok tp sring dikira cewk jg, trus trakhir ada tman cowok jg namanya asruni hehehehe
    Sy sndiri kalau cma diliat namanya sring disangka cowok,, prnah jg kjadian absensi sy ditulis kode L, bahkan prnah krn booking tiket via sms ke tman tiket pswat sy ditulis Mr. Hampir aja kna mslh di bandara

  9. jadi ada untungnya juga ya, bs dapet bantuan dr senior dng cepat dan ramah…

  10. jadi bisalah memanfaatkan para seniornya dengan modal nama yg mirip cewek.

  11. Nama asli saya Cucu Haris
    Cucu kadang suka disangka cewek karena memang Cucu adalah nama yang banyak dipakai cewek seperti Cucu Cahyati (penyanyi dangdut). Tapi juga kan Cucu dipakai banyak cowok semisal Cucu Hidayat (mantan pemain Persib)

  12. beneran kaget pas kesini (knjungan balik) ternyata mas-mas toh? kirain mbak-mbak hehe…mahasiswa saya ada yang namanya agus tapi cewek

  13. Aku pikir juga nama cewek awalnya, Tapi lucu juga, memanfaatkan sesuatu di balik nama tersebut…

  14. nama saya juga cewe banget, diza nabila mirza hehe padahal saya cowok.. kejadianya juga serupa selama sekolah sering banget disangka cewe pas absensi, kalo beli online shop dipanggil nya pake sist hehe..

  15. Sama bro ,,nama gua juga “Dian yosefa”,sering diledekin mirip nama cewek,lgsung gua blg ama mereka,,”tapi karakter dan sifatnya gak mirip cewek kan ?? heheh

  16. hahahahaha… jujur aja, td pas komen di postingan pertama, aku udh mw manggilnya mbak… tp kmudian liat komen2 di atas pd nyebut mas semua, ya sudlah…:D.. mifta nya sih nama co mas… hafina nya itu loh, rada cewek ;p

  17. Hallo Mbak, eh Mas Miftah
    Sempet kirain perempuan soalnya selain nama belakanya yang Afina, yang di postingan “Prasangka” gaya nulisnya juga berasa cewek hihihi (maap yak, bukan berarti meledek lho). Anyway, saya suka tulisannya. Pendek-pendek tapi seru dan penuh makna.

    • Emang gaya nulisnya cowok itu gimana ciin?
      Apa jangan2 karena saya terlalu sering blogwalking ke blog-blog cewek ya, jadi terinfluence gitu?
      Thanks anyway.

  18. Sama. Di sekolah juga ada guru namanya Aulia Husna. Nggak kalah cewek, kan? Gitu tau ternyata bapak guru muda. hihi.

  19. lhoooo… bener yang punya blog ini cowok? sumpah aku ngira cewek mba2 berhijab gituuu

  20. Nama saya hilda fidyah hadi pratama..psti ada pikiran klo aku tuh cewe😂😂😂…tpi sebenarnya aku tuh cowo😒😒…parah banget punya nama mirip cewe😑sring dibully😭😭waktu smp,,,tertera diabsen saya jenis kelamin perempuan😠,siapa yg gak malu coba😦sekarang SMA udah ganti jadi laki-laki :V..
    apa lagi klo ditanya “kmu tuh cowo yah,,koq namanya mirip cewe”😠😨😵😵..Njirrr :v
    Tpi aku banyak2 bersyukur sudah dikasih nama sama ortu😊😊😀

  21. Saya fikir Agan juga cewek he..he…he…

  22. Ada teman nama suami dan istrinya kebalikan, nama suaminya Tyas , nama istrinya Eko, ga sedikit orang yang ketuker-tuker

  23. klo saudara saya miftah itu cowo tp kok ada tambahannya afina biasanya cewe eh ternyata cowo hahahaha

  24. Hadeuh saya yg paling parah..nurul

  25. Daaaaannnnn…saya adalah salah satu yang tertipu dengan jenis kelaminmu setelah meninggalkan pesan di blog saya. Weh, kirain cewek, berjilbab, imut gitu. Ternyata cowok, ganteng, imutnya sih tetap sama #halah

    Etapi kalau nggak suka nama, bisa secara resmi minta diganti nggak ya? Pernah ada kasus orang Semarang yang secara punya masalah kesehatan sehingga jenis kelaminnya lelaki tapi fisiknya perempuan, lalu bisa ganti nama jadi nama yang tipikal laki-laki. Minat ganti?

Tinggalkan Balasan

Santai saja, alamat email Anda tidak akan saya publikasikan.

*

© 2017 Miftah Afina

Theme by Anders NorénUp ↑