Dalam sebuah kepanitian, organisasi atau sejenisnya. seringkali kita menemui orang-orang super, Orang-orang hebat, dan orang-orang cerdas. Orang-orang yang super dalam menyampaikan usul dan saran, hebat dalam mengemukakan pendapat, serta cerdas dalam menyampaikan kritikan.

Gaya bicara orang ini sangat meyakinkan, tegas, lugas dan terstruktur (kayak pascal). Namun kesuperan, kehebatan dan kecerdasannya itu hanyalah tampak ketika di meja rapat saja. Dilapangan? Nol besar. Sesekali bekerja agak giat ketika mata atasan terlihat sedang memandanginya.

Dan buruknya lagi, orang yang giat dilapangan dan penuh kerja keras, akan tertutupi dan tak tampak hasil kerja kerasnya jika sudah sampai di meja rapat, ketika evaluasi misalnya. Oleh siapa? Ya, oleh orang super tersebut. Ditambah lagi jika kerja kerasnya tidak kasat mata.

Bagaimana reaksi saya ketika menemukan orang dengan tipikal yang seperti itu?

Ngelus dada seraya memohon kepadaNya, “Paringana sabar.”

Wa ziyadah, postingan ini tidak menunjuk kepada salah satu atau beberapa orang yang saya kenal, namun jika ada yang merasa tersinggung dengan postingan ini, kemungkinan orang tersebut adalah orang super, hebat dan cerdas di meja rapat.