Dalam sebuah kondisi, terkadang kita dituntut untuk dapat bergerak cepat, namun tetap tenang. Seperti yang saya alami baru saja, saya baru pulang dari masjid untuk kembali lagi ke kantor. Sebenarnya saya berencana untuk mencuci, tapi qodarullah semua mesin cuci yang jumlahnya hanya satu itu akan dipakai oleh orang lain. Saya kalah cepat dibanding dengannya.

Setibanya di kantor entah dua orang sedang mengobrol apa, tiba-tiba salah seorang operator radio menghampiri saya, lalu mengajak saya untuk ikut dengannya ke studio. Ternyata dia minta tolong karena skypenya sedang bermasalah. Dia mengatakan bahwa skype ini akan digunakan untuk relay dengan radio lain. Pukul 4 sore!

Gila aja, ini jam 4 kurang tiga menit lagi. Tapi operator tersebut dengan santainya jalan, berbicara, dll. Malah saya yang panik! Saya mencoba untuk tetap tenang, menyelidiki sebab-sebab ketidaknormalan skype ini. Akhirotu, ditemukanlah penyebab mengapa suara dari radio lain tidak terdengar oleh kita. Apa coba? Sepele sekali, volume yang ada di mixer belum di puter. Untunglah.