Masih ingat konekrom? Bagi pembaca setia blog lama saya, pasti masih teringat betapa ringannya aplikasi tersebut. Konekrom adalah sebuah browser minimalis yang saya buat ketika dulu masih awal-awal mempelajari bahasa pemrograman. Browser tersebut tahan dikembangkan hanya sampai pada versi 1.5 rev 1, disebabkan kesibukan sekolah pada masa itu.

Latar belakang saya membuat aplikasi tersebut —selain menemukan cara penggunaan active-x pada aplikasi VB— adalah karena ingin dapat menjelajah Internet dengan browser yang ringan dan stabil. Dan akhirnya saya dapat membuat sendiri apa yang saya inginkan.

Dengan komputer yang dulu saya pakai —Processor Pentium III dengan ram 256 MB, karena faktor labil ekonomi—, aplikasi tersebut dengan lancar berjalan meskipun kurang bisa menangani beberapa halaman web. Dan dengan komputer pentium III itulah saya pertama kali membuat aplikasi yang dapat bermanfaat untuk dipakai lumayan banyak orang, karena mereka juga mengeluhkan hal yang sama: “Spek komputer yang minim dan lambat, bahkan sering hang ketika dipakai untuk Internet”. Bagi saya dan mereka (waktu itu) Firefox dan Chrome sangatlah berat.

Konekrom ketika awal dirilisBeberapa blog juga ada yang me-review konekrom, banyak pula komentar-komentar yang menanggapi dirilisnya konekrom di blog mereka, yang bahkan jumlahnya jauh melebihi komentar yang ada pada blog sendiri. Diantara mereka menilainya positif, meskipun beberapa menilainya negatif ,seperti ‘terlalu sederhana’ dan sebagainya.

Well, kini konekrom telah menjadi kenangan, kenangan yang sempat menghiasi masa-masa kelas II SMK. Semoga untuk kedepan saya dapat membuat sesuatu yang lebih bermanfaat lagi untuk orang lain.